Bosen cuman ke Mall setiap kali di Surabaya…?
Sebenarnya banyak tempat wisata di Surabaya, yang bisa dikunjungi, baik di dalam kota Surabaya, maupun di luar kota Surabaya, yang paling hanya 1-2 jam dari Surabaya, seperti misalnya:
- Monkasel (Monumen Kapal Selam di sebelah Plaza Surabaya)
- Kenjeran Beach
- TEMPAT WISATA PULAU MADURA, di pulau madura ini apabila kita mau berwisata singkat, dapat melintasi sambil melihat Jembatan Suramadu, arah terdekat kita ambil arah ke kiri menuju Bangkalan, untuk kemudian kita dapat melihat mercusuar Sembilangan, dan makan di bebek Sinjay
- Kebun Binatang Surabaya, meskipun kurang begitu terawat dibandingkan Singapore Zoo, tetapi masih menarik buat anak2, jadi apa salahnya mengajak anak kita ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) ?
- WISATA HERITAGE SURABAYA, seperti House of Sampoerna, dimana terdapat Museum tentang pabrik rokok Sampoerna dan Heritage Bus yang berkeliling di daerah Surabaya, untuk menunjukkan banyak peninggalan gedung-gedung bersejarah di Surabaya, dan juga komunitas JEJAK PETJINAN yang sering mengadakan acara Melantjong Petjinan Soerabaia, menelusuri jejak peranakan Tionghoa di Surabaya.
- Selain wisata heritage di atas, kita juga dapat menelusuri berbagai bangunan historis di Surabaya, mulai dari peninggalan Belanda, sampai dengan perkampungan China (Chinatown) dan Arab. Jalan Tunjungan yang dulu sangat terkenal di Surabaya (sampai dibuatkan lagu), sampai dengan Tugu Pahlawan, sebagai peringatan Surabaya sebagai kota Pahlawan. Semua ini dapat dilihat di sini: 5 BEST PLACES TO VISIT IN SURABAYA (by Sugi Phang)

- Selain berbagai wisata di atas, juga terdapat WISATA ALAM DI SURABAYA. Jangan heran dulu, meskipun Surabaya adalah kota metropolitan, tetapi masih banyak sisi Surabaya yang masih alami dan natural, salah satunya yaitu WISATA ALAM MANGROVE di Surabaya. Recommended sekali, terutama buat kita yang senang melihat pemandangan alam.
Sedangkan tempat wisata yang hanya 1-2 jam dari Surabaya, kita dapat mengunjungi:
- Taman Safari II di Pandaan, Prigen..
- Wisata Bahari, Lamongan
- Gua Maharani, Lamongan
-Tempat Wisata di daerah Malang dan Batu
Berwisata di daerah Malang dan Batu, belum lengkap rasanya kalau kita belum mencoba ke Jatim Park. Selain Jatim Park I yang sudah lebih dulu dibuka, sekarang juga sudah dibuka Jatim Park II. Disini kita dapat mencoba menginap di Hotel Pohon atau Pohon Inn, dan masuk ke Batu Secret Zoo. Sangat bagus, sudah seperti tempat wisata di luar negeri, dan dikelola dengan baik. Bisa dilihat di sini: WISATA KELAS INTERNATIONAL JAWA TIMUR PARK MUSEUM SATWA BATU SECRET ZOO POHON INN
- KERAJAAN MAJAPAHIT di Trowulan, Mojokerto. Bagi yang sudah pernah ke Bangkok dan yang senang melihat kuil / temple, harus menyempatkan waktu ke sini. Saya sendiri baru tahu, sudah lebih dari 30 tahun tinggal di Surabaya, ternyata ada situs peninggalan bersejarah yang lumayan dekat dengan Surabaya, yang (seharusnya) tidak kalah dengan wisata kuil / temple di Thailand. Sayangnya, seperti banyak wisata di negara kita Indonesia, situs bersejarah tersebut tidak dikelola dengan baik.
Untuk tempat menginap, tersedia berbagai hotel dan penginapan di Surabaya, mulai dari hotel bintang lima yang bersejarah, yaitu tempat penyobekan bendera Belanda di HOTEL MAJAPAHIT Surabaya, maupun bagi anda yang mempunyai budget terbatas, tetapi ingin tinggal di hotel yang nyaman dengan lokasi strategis, seperti di CITIHUB HOTEL Surabaya.
Untuk makanan alias kuliner, waaah, dijamin anda akan puaaasss apabila pergi ke Surabaya. Banyak kuliner enak yang dapat dicoba di Surabaya. Lengkapnya dapat dilihat di sini: TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA.
Tolong tambahannya melalui comment, teman-teman, apabila ada yang tahu tentang tempat wisata yang baru di daerah Surabaya dan sekitarnya..?

Butuh INFO HOTEL di Surabaya? Klik PILIHAN HOTEL di bawah ini.

(1) PERBANDINGAN harga hotel TERMURAH
(2) REVIEW hotel dari tamu yang sudah menginap
(3) FASILITAS HOTEL tersedia lengkap di LINK HOTEL DI SURABAYA di bawah ini.

Berbagai PILIHAN HOTEL di Surabaya:

HOTEL Bisanta Bidakara Surabaya
Lokasi Hotel Bisanta cukup strategis, berada di Jl. Tegalsari Surabaya, berdekatan dengan area Tunjungan Plaza Surabaya
HOTEL Cendana Surabaya
CIPUTRA Golf Hotel Surabaya
Hotel Resort berlokasi di Citraland Surabaya, cocok buat keluarga yang mempunyai anak kecil, dengan fasilitas family club yang mewah.
COUNTRY Heritage Resort Surabaya
D’ Season Hotel Surabaya
HOTEL ELMI Surabaya
Family Guest House Surabaya
Pilihan Guest House di tengah kota Surabaya.
FAVE HOTEL Surabaya
Lokasi FAVE Hotel sangat strategis, hanya 10 menit berjalan kaki menuju ke Tunjungan Plaza Surabaya.
GARDEN PALACE Hotel Surabaya
Lokasi di tengah kota, berdekatan dengan Mall Surabaya Plaza. Harga hotel terjangkau, dengan interior hotel yang baru saja direnovasi di tahun 2011.
GRAHA RESIDENCE Serviced Apartment Surabaya
Hotel Bumi Surabaya
HOTEL Equator Surabaya
HOTEL MAJAPAHIT Surabaya
Hotel dengan nuansa historis yang sangat kental, sangat cocok bagi travelers yang ingin menikmati wisata sejarah di Surabaya.
HOTEL SANTIKA Surabaya
HOTEL SATELIT Surabaya
Hotel IBIS Surabaya
HOTEL INNA Simpang Surabaya
JAVA PARAGON Hotel Surabaya
Lokasi di Jl. Mayjend Sungkono, berdekatan dengan Mal Baru di Surabaya, Ciputra World.
JW MARRIOTT Hotel Surabaya
MERCURE HOTEL SURABAYA
NOVOTEL HOTEL Surabaya
Hotel Resort di Surabaya, dengan kolam renang yang cukup luas. Salah satu jaringan dari hotel ACCOR.
PRIME ROYAL Hotel Surabaya
HOTEL SAHID Surabaya
SHANGRI-LA Hotel Surabaya
Salah satu hotel paling “berkelas” di Surabaya. Lokasi di Jl. Mayjend Sungkono.
SHERATON Hotel Surabaya
SINGGASANA HOTEL Surabaya
SOMERSET Hotel Surabaya
SPARKLING BACKPACKER Hotel Surabaya
Pilihan Hotel Backpacker di Surabaya.
Surabaya PLAZA HOTEL
TS SUITES Surabaya
Hotel yang berada di area Surabaya Town Square ini sangat memudahkan kita untuk mencari tempat bersantai. Surabaya Town Square (Sutos) sendiri buka sampai dengan jam 12 malam.
Tunjungan HOTEL Surabaya
TWIN HOTEL Surabaya